Penerbitan

Post by: admin, March 11, 2015 12:31 am : Buku

Queering Tata Kelola Internet di Indonesia

book-ppPenulis:
Kamilia Manaf
Dewi Nova Wahyuni
Ikram Baadila

Kontributor:
Ni Loh Gusti Madewanti
Nyx Mclean
Manjima Bhattacharjya

Di Indonesia, seksualitas menjadi wacana yang semakin terbuka diranah publik. Pertarungan wacana seksualitas diperluas jangkauannya oleh Internet. Di satu sisi, internet telah memberi ruang bagi kemajuan Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk HAM Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Interseks dan Queer (LGBTIQ). Di sisi lain, internet juga menjadi ruang yang digunakan untuk memperburuk dan melanggengkan diskriminasi dan kekerasan terhadap warga LGBTIQ, yang sebelumnya sudah terjadi di ruang fisik. Hal itu, akibat belum adanya perlindungan HAM LGBTIQ pada tata kelola internet, sebagaimana masih lemahnya perlindungan serupa di ruang fisik. Baca Selengkapnya

Comments are closed
Post by: admin, November 25, 2012 12:27 pm : Buku

KAMI TIDAK BISU

Penulis : Kamilia Manaf
Editor : Dewi Nova Wahyuni dan Arwani
Kontributor : Ino, Panca dan Umi

Buku Kami Tidak Bisu merupakan sebuah catatan perjalanan komunitas lesbian muda dari awal komunitas mulai berjalan sampai pada pembentukan organisasi Institut Pelangi Perempuan. Buku yang diluncurkan pada tanggal 10 Juni 2011 di Jakarta ini juga berisi hasil-hasil diskusi Kongkow Lez isu lesbian muda di Indonesia seperti Identitas Diri (Apakah Saya Normal ?), Berterus Terang Terhadap Orang Tua, Butch n Femme, Kesehatan Reproduksi Perempuan Lesbian, Safe Sex and Hot Sex, Lesbian dan Tafsiran Agama ?, Persaudaraan Feminis dan Lesbian, Drag Queen, Drag King, Transeksual dan Transgender.

Nara sumber diskusi Kongkow Lez adalah para feminis, psikiater, ahli kesehatan reproduksi, tokoh agama, aktifis Hak Asasi Manusia (HAM) dan lain-lain. Kami Tidak Bisu yang diterbitkan dari hasil kerjasama antara IPP, Feminis dan Aktifis HAM.

Baca Selengkapnya

Comments are closed
Post by: admin, November 25, 2012 12:26 pm : Buku

Komik Yogyakarta Principles

Prinsip-prinsip Yogyakarta adalah seperangkat prinsip-prinsip internasional yang berkaitan dengan orientasi seksual dan identitas gender, dimaksudkan untuk mengatasi bukti didokumentasikan penyalahgunaan hak-hak lesbiangaybiseksual , dan transgenderLGBT ).  Garis besar Prinsip digambar pada pertemuanKomisi Internasional Ahli Hukum dan ahli hak asasi manusia dari seluruh dunia di Universitas Gadjah Mada 6-9 November 2006. “Ini berisi 29 Prinsip diterima secara aklamasi oleh para pakar, bersama dengan rekomendasi kepada pemerintah, lembaga-lembaga antar pemerintah daerah, masyarakat sipil, Prinsip-prinsip ini dimaksudkan menjadi panduan universal untuk hak asasi manusia.

Prinsip-prinsip yang secara khusus ditujukan orientasi seksual dan identitas gender. Prinsip-prinsip tersebut dikembangkan sebagai respon terhadap pola-pola pelanggaran yang dilaporkan dari seluruh dunia. Ini termasuk contoh pemerkosaanpenyiksaan , eksekusi di luar hukum, penyalahgunaan medis , penolakan kebebasan berbicara dan berkumpul serta berbagai diskriminasi dalam pekerjaankesehatanpendidikanperumahan , akses terhadap keadilan dan imigrasi . Ini diperkirakan mempengaruhi jutaan orang ditargetkan berdasarkan orientasi seksual yang sebenarnya atau dirasakan atau identitas gender.

Dengan adanya keberadaan YP ini, kemudian IPP merasa bahwa hal ini perlu untuk disosialisasikan ke masyarakat yang lebih luas serta mampu menjangkau kelompok LGBT  dikarenakan prinsip-prinsip ini merupakan pengetahuan yang cukup penting untuk diketahui oleh LGBT  agar mengerti akan hak-hak seksualitasnya sebagai bagian dari hak asasi manusia

Dan Pada sehari setelah memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Institut Pelangi Perempuan kembali menerbitkan sebuah Komik yang diangkat dari Prinsip-Prinsip Yogyakarta dan Peluncuran Komik ini diadakan tanggal 29 Oktober 2010, Di Apollo bar, Kuningan Jakarta selatan.

Baca Selengkapnya

Comments are closed
Post by: admin, November 25, 2012 12:23 pm : Buku

Pelangi Perempuan (kumpulan puisi dan cerpen lesbian muda Indonesia)

Pada tanggal 16 Mei 2008 tepat pada peringatan Hari Internasional Melawan Homophobia 2008 telah diluncurkan buku Pelangi Perempuan (kumpulan puisi dan cerpen lesbian muda Indonesia) yang telah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh panitia penyeleksi. Proses ini dimulai dengan melakukan diskusi tentang penulisan kreatif komunitas lesbian yang kemudian menghasilkan gagasan untuk mengadakan pperlombaan menulis kreatif cerpen dan puisi untuk lesbian muda. Perlombaan ini kemudian disosialisasikan melalui Milist, website, email dan sms. Pada akhirnya setelah melalui proses seleksi terpilih 7 cerpen dan 5 puisi yang kemudian dibukukan. Buku ini kemudian dicetak sebanyak 1000 eksemplar yang telah disebarkan ke komunitas lesbian muda dan jaringan organisasi lain serta masyarakat pada umumnya.

Baca Selengkapnya

Comments are closed
Post by: admin, November 24, 2012 11:23 pm : Buku

Penerbitan CD Magazine KLIK!

Konten dari CD Magazine ini juga tetap untuk mengutamakan konsep EDUFUNTAINMENT (Education, Fun dan Entertainment) dengan menampilkan artikel-artikel gaul seperti, Hot Issue, Lez Idol, For Youth Info, dan lain-lain serta tidak lupa memberikan informasi seputar kegiatan yang telah dilakukan Institut Pelangi Perempuan.

CD Magazine KLIK! akan diterbitkan setiap 4 bulan sekali sebanyak 500 eksemplar yang  disosialisasikan kepada Perempuan LBT muda di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Sampai saat ini IPP telah menerbitan sebanyak 4 edisi yaitu :

  1. Edisi I tema “Am I Normal?
  2. Edisi II tema “In or Out?”
  3. Edisi III tema “First Experience”
  4. Edisi IV tema “Mrs. V”
Comments are closed
« Page 1 »
 
Home / Penerbitan